7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.com

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi “The End”

Wartawanita.com – Sekarang sepertinya sedang trend untuk menjalankan bisnis tidak dengan rekan tetapi menjadikan pasangan sebagai partner bisnis. Banyak yang membayangkan bahwa bisnis dengan pasangan akan lebih gampang untuk bernegosiasi karena ada embel-embel “pasangan” pastinya akan berpikir tidak akan kaku dalam urusan managementnya kelak. Tetapi justru untuk melakukan bisnis dengan pasangan haruslah dengan perhitungan yang tepat karena salah-salah selain materi yang hilang bisa juga hubungan cinta justru jadi berantakan.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comPersiapkan Dana Cadangan untuk Bisnis

Uang seringkali menjadi penyebab utama terjadinya perceraian dan perpisahaan dari pasangan yang sedang berbisnis bersama. Apalagi jika bisnis yang sedang dirintis merupakan usaha yang baru dimulai yang tentunya akan banyak mengeluarkan modal alias dana. Tentunya melakukan bisnis tidak dapat langsung instan merasakan keuntungan, disnilah harus disediakan dana cadangan agar tidak mengalami kepanikan saat menghadapi masa sulit.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comSegera Mencari Kantor

Bisa jadi  untuk dapat langsung membeli kantor secepatnya akan sulit, tetapi sebaiknya siapkan dana untuk menyewa terlebih dahulu gedung kantor. Biasanya memang para pebisnis pemula akan menjadikan rumah sebagai kantor tetapi sebaiknya tidak berlama-lama menjadikan rumah sebagai kantor juga. Manfaatkanlah sesekali Co Working space sebagai tempat untuk meting dengan para klien. Hal ini juga bermanfaat agar pasangan tidak merasa jenuh.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comSaling Memahami Pribadi

Walaupun mempunyai bisnis bersama pasangan bukan berarti isi otak akan sama ya. Setiap manusia pasti akan mempunyai sifat masing-masing. Sebaiknya pahamilah pribadi masing-masing, karena sesungguhnya perbedaan tersebut justru akan saling melengkapi dalam urusan bisnis.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comPerjelas Posisi

Dalam rumah boleh saja sebagai pasangan hidup tapi jika dalam urusan bisnis sebaiknya perjelaslah posisi dan tanggung jawab masing-masing karena berhubungan dengan keputusan yang akan diambil kelak. Sangat dianjurkan untuk menuliskan job desc masing-masing sehingga akan memperjelas tugas-tugas yang akan dilakukan dan tidak terjadinya tumpang tindih dalam melakukan pekerjaan. Tetapi tentunya untuk hal-hal tertentu yang sangat prinsip harus didiskusikan berdua.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comMemperjelas Resiko Bisnis yang Akan Terjadi

Jika bisnis ini merupakan pemasukan utama, sebaiknya diskusikan dengan seksama dengan pasangan agar tidak terjadi saling menyalahkan. Misalkan diskusikan tentang rencana untuk mengambil pinjaman beserta dengan resikonya jika cicilan terlambat dibayar dan sebagainya. Kalaupun terjadi suatu resiko maka tidak perlu terjadi pertengkaran dan saling menyalahkan.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comSaling Menerima Kritikan dan Pujian Secara Seimbang

Pasti akan lebih mengharmoniskan hubungan dengan pasangan bila pasangan berhasil dengan bagian tugasnya. Tapi, kalaupun terjadinya sebuah kegagalan, sebaiknya berikan kritikan secara bijaksana pada pasangan. Gunakanlah bahasa dan nada suara yang tidak membuat pasangan justru menjadi merasa tersinggung. Hal ini terkadang dianggap sepele tetapi jika menyampaikan kritikan tidak dengan bijaksana akan membuat perasaan pasangan menjadi sedih.

7 Kiat Agar Bisnis dengan Pasangan Nggak Buat Hubungan Cinta jadi "The End" - Wartawanita.comBumbui Bisnis dengan Humor

Segala sesuatu jangan selalu ditanggapi dengan tegang. Berbisnis dengan pasangan dapat menjadi penghilang rasa stres karena tanpa perlu sungkan dapat langsung memberikan ide pada pasangan untuk rileks sejenak dengan melakukan hal-hal di luar pekerjaan. Misalkan ajak sejenak pasangan untuk pergi nonton televisi atau mendengarkan musik favorit atau melakukan hal-hal sedikit ‘nakal’ untuk saling mencumbu.

Ternyata cukup menyenangkan ya berbisnis dengan pasangan.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            105 Views