5 Tips Penting Simpan Sayuran di Kulkas Biar Tidak Layu - Wartawanita.com

5 Tips Penting Simpan Sayuran di Kulkas Biar Tidak Layu

Wartawanita.com – Kulkas alias lemari pendingin sebagai tempat penyimpanan makanan memang merupakan suatu hal yang penting dalam rumah tangga. Mengapa dianggap penting ? Hal ini berkaitan dengan bahan makanan yang ada didalamnya yang selanjutnya akan diolah menjadi makanan siap saji. Biasanya bahan makanan berupa sayuran dan buah-buahan dapat disimpan dalam waktu yang lama dalam kulkas. Akan tetapi jika tidak mengetahui caranya, sayur dan buah yang ada di dalam kulkas justru dapat layu dan kehilangan kesegarannya.

Ini tips jitunya agar sayur dan buah dapat bertahan kesegarannya di dalam kulkas, yaitu :

Tidak Mencucinya Sebelum Masuk Kulkas

Biasanya para ibu selalu berpikir bahwa sebelum menyimpan buah dan sayur di dalam kulkas harus dicuci terlebih dahulu. Ternyata pemikiran ini salah, justru mencuci sayuran akan membuat bakteri menjadi lebih cepat berkembang biak dan mempercepat kebusukan.

Kelompokan Buah dan Sayur Sebelum Disimpan Dalam Kulkas

5 Tips Penting Simpan Sayuran di Kulkas Biar Tidak Layu - Wartawanita.comBelanja dalam jumlah banyak terutama untuk buah dan sayuran tentunya harus disimpan dalam kulkas. Sebaiknya pisahkan tempat penyimpanan antara sayuran yang masih segar dan hijau dengan yang sudah layu. Potong bagian sayuran yang telah layu dan singkirkan bagaian akar  agar kualitas kesegaran sayur tahan lama.

Cek Secara Berkala Kesegarab Buah dan Sayur

Pastikan selalu kondisi sayur untuk memastikan kualitasnya tetap baik. Bila terlihat ada sayuran dan buah-buahan mulai membusuk segera singkirkan agar tidak mempengaruhi sayuran dan buah lainnya.

Pisahkan Antara Sayuran dan Buah

Jangan beranggapan bahwa menyimpan buah dan sayuran di tempat yang sama di dalam kulkas adalah baik. Sebaiknya usahakan untuk menyimpan sayur dan buah di rak yang berbeda karena walaupun di suhu dingin buah mengeluarkan zat etilen yang dapat mempercpat kebusukan buah dan sayur. Zat inilah yang dapat mengakibatkan sayuran menjadi cepat membusuk.

Bungkus Sayuran dengan Kertas

5 Tips Penting Simpan Sayuran di Kulkas Biar Tidak Layu - Wartawanita.comSayuran akan mudah sekali membusuk karena suhu lembap kulkas. Oleh karenanya sebaiknya lapisi sayuran dengan menggunakan kertas ataupun tisu dapur sebelum menyimpannya. Kertas akan mencegah suhu lembap kulkas masuk ke dalam sayuran sehingga suhu sayuran akan terjaga dengan baik. Selain melapisi dengan kertas, manfaatkan zip lock yang telah dilubangi.

Semoga tips ini dapat menyegarkan sayur dan buah dalam lemari es.

Tags:
0 shares
                            215 Views