5 Tips Cepat Hindari Tipuan Beras Oplosan - Wartawanita.com

5 Tips Cepat Hindari Tipuan Beras Oplosan

5 Tips Cepat Hindari Tipuan Beras Oplosan - Wartawanita.com
Waspada saat membeli beras

Wartawanita.com – Belakangan ini gencar tersiar kabar tentang penipuan menjual beras premium ternyata isinya adalah beras bersubsidi. Agar terhindar dari kenakalan penjual beras yang mengoplos beras, ini dia beberapa tips sederhana agar terhindar dari penjual beras nakal, yaitu :

Perhatikan Bentuk dan Warna Beras

Beras asli mempunyai tampilan yaitu memiliki guratan hasil dari bekas sekam padi. Amati apakah warnanya bening kekuningan atau kurang lebih senada. Hindari juga beras dengan warna terlalu putih, karena sudah melalui proses bleaching. Pada beras asli terdapat warna putih di setiap ujungnya, warna tersebut merupakan zat kapur yang mengandung karbohidrat.

Ambil Segenggam Beras untuk Dicek

Ambil segenggam beras dari bagian dalam tumpukan, lalu cek apakah ada kutu, kerikil, ataupun  jamur.

Cek Aroma Beras

Hirup dalam-dalam, apakah ada aroma tidak sedap karena pengaruh dari beras lembap yang disimpan terlalu lama. Hindari juga beras dengan aroma terlalu harum, karena ini merupakan efek dari pewarna buatan.

Teliti Tekstur Beras

Ambil segenggam beras lalu remas, perhatikan apakah beras  akan menempel pada tangan, karena itu merupakan tanda beras mengandung pelicin. Beras asli memiliki bulir sedikit menggembung dan kalau dipatahkan hanya terbelah menjadi dua dan tidak mudah hancur.

Cek Label Beras

Cek label pada kemasan beras apakah sudah mendapatkan sertifikasi dari instansi terkait.

Jadi teliti sebelum membeli beras ya.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            164 Views