cinta1

5 Tanda Anda Tidak Cinta Diri Sendiri

Wartawanita.com – Sering kali orang salah soal hal yang paling mendasar ini. Mencintai diri sendiri sering dianggap perbuatan yang egois. Padahal, kebahagiaan setiap orang justru berawal disana. Kita bahkan akan sulit membahagiakan orang lain jika mencintai diri sendiri saja sulit. Sejumlah public figures juga mengakui pentingnya cinta diri sendiri.

“Jangan mengkritik diri sendiri. Jangan berpikir bahwa diri kamu tidak menarik, kamu lambat dan tidak sepintar kakakmu. Tuhan tidak sedang mengalami hari yang buruk ketika membuatmu. Jika kamu tidak mencintai dirimu dengan  benar, kamu tidak bisa mencintai tetanggamu. Kamu tidak akan pernah menjadi baik seperti yang seharusnya.” – Joel Osteen (Pastur)

 “Cantik itu ketika kamu bisa menghargai dirimu sendiri. Kalau kamu mencintai dirimu, itulah saat kamu benar-benar sangat cantik.” – Zoe Kravitz (Aktris)

 “Jika kamu bahagia, kamu bisa memberikan kebahagiaan. Jika kamu tidak mencintai diri sendiri dan kamu tidak bahagia atas dirimu sendiri, kamu tidak pernah bisa memberikan apa-apa selain itu.” – Gisele Bundchen (Model)

Kita harus melakukan reality check ke dalam diri sendiri dan bercermin, apakah sudah bahagia? Nah, berikut adalah 5 tanda seseorang tidak mencintai dirinya (bahkan ketika dia pikir dia sudah melakukannya).

Mempunyai Perasaan Terputus Dari Diri Sendiri

Ketika seseorang sangat membutuhkan waktu untuk rileks, saat itulah dia merasa terputus dari dirinya. Untuk benar-benar mencintai dirimu, kamu harus terhubung dengan dirimu. Ketika merasa asing dengan tubuh sendiri, segera mendekatkan diri dengan alam. Lakukan latihan mengatur napas, dan benar-benar meresapi alam.

Tidak Merawat Tubuh

Jika kamu membutuhkan makanan atau alkohol untuk membuatmu merasa baik, bisa jadi kamu belum menjaga dirimu dengan baik. Tidak peduli akan kesehatan sendiri adalah tanda tidak mencintai diri sendiri. Selalu jaga dirimu, karena tidak ada orang lain yang akan melakukannya untuk kamu.

Merasa Selalu Ingin Melarikan diri

Kadang ada saat dimana kita merasa terperangkap dalam diri sendiri dan ingin melarikan diri. Sayang itu mustahil dilakukan karena kita benar-benar melekat pada sosok yang kita temui di cermin. Dan jelas, jika kita mencintai diri sendiri, tentu kita tidak perlu melarikan diri bukan? Kita harus mengusahakan segala cara untuk menerima dan mencintai diri apa adanya. Mulai dengan melihat hal-hal baik yang kita miliki.

Berada Dalam Hubungan Tidak Sehat

Membiarkan diri berlarut-larut dalam hubungan yang buruk, tanda lain kita tidak mencintai diri sendiri. Entah itu hubungan percintaan atau pertemanan. Hubungan yang kita miliki seharusnya membuatmu berkembang, dan bukan sebaliknya. Tanya kepada diri sendiri, ‘apakah saya pantas mendapatkan yang lebih baik?’ Dan sudah pasti jawabannya, ‘ya.’

Merasa Tidak Selaras Dengan Hidup

Sayangnya, banyak yang merasakan ini. Padahal kita semua berhak kehidupan yang bahagia, dan itu tugas utama kita dalam hidup. (Power of Positivity).

Mulai sekarang mulailah belajar untuk mencintai dirimu sendiri.

Kode unik: W#psikologi61

Tags:
0 shares
                            581 Views