5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal - Wartawanita.com

5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal !

Wartawanita.com – Indonesia sudah terkenal dengan kekayaan ragam budayanya. Istimewanya adalah bahwa di Indonesia ternyata terdapat lebih dari seribu suku bangsa yang tersebar dari ujung Sabang sampai Merauke. Akan tetapi yang sangat disayangkan adalah bahwa beberapa suku yang ternyata kehidupannya masih terisolasi alias terasing ! Terasing dari segalanya, wilayah, pendidikan, apalagi teknologi !

Suku Kombai – PapuaPapua

5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal - Wartawanita.com

Pulau paling timur di Indonesia yaitu Papua disinyalir  merupakan salah satu daerah yang masih banyak dihuni oleh suku terasing dan masih terisolasi. Suku Kombai merupakan salah satu suku di Papua yang memiliki keistimewaan. Walaupun terasing penduduknya ternyata dapat hidup atau tinggal pada rumah pohon. Rumah suku ini menempati sebuah pohon yang sangat tinggi. Tetapi memang agak mengerikan juga bergaul dengan suku ini karena kemungkinan suku ini merupakan salah satu suku kanibal di Indonesia.

Suku Korowai – Papua

5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal - Wartawanita.com

Suku ini menempati dataran rendah di sebelah selatan Papua. Keberadaan suku ini menempati sepanjang aliran sungai dan rawa-rawa. Suku Korowai sama seperti suku lain yang ada di Papua, yaitu kebanyakan hidup nomaden atau berpindah-pindah dan mengandalkan hidupnya dari alam. Daerah Papua memang terkenal subur, oleh karenanya sering terjadi peperangan dengan suku lain untuk memperebutkan daerah subur tersebut. Suku dalam peperangan selalu menggunakan racun pada anak panah dan mata tombak yang terbuat dari tulang berulang. Walapun masih kanibal tetapi tidak sembarangan daging manusia yang dikomsumsinya, yaitu mereka yang selalu melakukan pelanggaran adat. Setelah ditangkap dan diputuskan bersalah maka korban akan di ritualkan dan dimakan bersama-sama. Keberadaan suku ini masih ada hingga saat ini.

Suku Dayak Punan – Kalimantan

5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal - Wartawanita.com

Penduduk suku ini sebagian besar sudah mengecap kehidupan modern. Tetapi berdasarkan cerita masa lalu diketahui bahwa nenek moyang Suku Dayak Punan ini dahulunya tidak tabu untuk memakan daging manusia ! Hingga tahun 1970 an Pemerintah Indonesia melarang suku mereka untuk turun langsung ke lapangan.  Suku ini ada di daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah dan menempati sepanjang aliran sungai dan sering berpindah-pindah tempat. Konon. dahulu suku ini sangat piawai dalam berperang dan selalu menuntaskan musuh dengan cara menebas kepalanya sehingga dikenal dengan istilah “Ngayau”. Berdasarkan penelitian terkini yang pernah dilakukan, ternyata Suku Punan yang primitifnya masih ada dan terlihat di goa-goa pedalaman rimba hutan di Kalimantan.

Suku Batak – Sumatera

5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal - Wartawanita.com

Perilaku kanibalisme ternyata telah terpatri dengan baik di kalangan orang Batak. Berdasarkan cerita secara turun temurun dari nenek moyang mereka dikatakan bahwa tujuan menyantap daging manusia adalah untuk memperkuat tondi (jiwa) si pemakan daging manusia tersebut. Secara khusus area tubuh yang menjadi santapan adalah darah, jantung, telapak tangan, dan telapak kaki dianggap sebagai kaya tondi. Tetapi saat pemerintah kolonial Belanda menduduki wilayah ini, mereka dilarang keras melakukan tindakan kanibalisme yang sudah dilakukan oleh suku Batak sejak dahulu. Pada tahun 1816, perilaku ini sudah jarang dilakukan oleh suku Batak.

Suku Tolai – Papua

5 Suku Unik di Indonesia dan Ternyata Masih Terasing Bahkan Kanibal - Wartawanita.com

Sebagian besar warga suku ini berada di wilayah Papua New Guinea. Akan tetapi memang ada sebagian kecil yang hidup di perbatasan Papua wilayah Indonesia. Masyarakat suku ini diketahui melakukan kanibalisme saat warga suku Tolai modern meminta maaf kepada pemerintah Papua New Guinea atas pembunuhan dan praktik kanibalisme yang dilakukan oleh nenek moyang mereka kepada misionaris Inggris pada abad ke 19 dan pada tahun 1978. Mereka membunuh menteri dan tiga orang guru dari negara Fiji, yang kemudian dimasak dan dimakan beramai-ramai dagingnya.

Penasaran ?

Tags:
0 shares
                            1014 Views