5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Wartawanita.com

5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan

Wartawanita.com – Musik bisa menjadi racun, jika musik yang kita dengar adalah musik yang isinya sumpah serapah dan kebencian. Namun musik juga bisa menjadi obat, jika yang kita dengar adalah musik yang menginspirasi dan memotivasi. Terlepas dari itu, musik sendiri adalah bahasa yang universal, yang memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan pendengarnya. Tidak hanya itu, musik juga mampu menghubungkan kita dengan alam semesta.

Entah genre yang kita dengar adalah klasik, pop, rock atau country, musik yang kita dengar mempengaruhi pikiran, tubuh, dan jiwa dengan cara yang substansial. Kabar baiknya, musik memiliki kemampuan menyembuhkan, serta meningkatkan kualitas diri secara fisiologi dan psikologi.

Berikut ini adalah 5 keuntungan mendengarkan musik bagi kesehatan :

1. Mengubah Mood

5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Wartawanita.com

Anda tentu pernah mengalami tiba-tiba merasa sedih ketika mendengarkan lagu mellow, atau ikut bahagia ketika mendengarkan lagu inspiratif dan penuh cinta. Ini bukan kebetulan.  Riset menunjukan bahwa musik mempengaruhi mood, termasuk mental kita.

2. Mengurangi Stres

5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Wartawanita.com

Stres yang dialami seseorang bisa berakibat buruk, baik untuk diri sendiri mau pun orang disekitar kita. Karena stres mempengaruhi mood, dan perilaku kita. Dan sudah pasti stres sangat buruk bagi kesehatan. Untungnya, mendengarkan musik bisa mengurangi stres. Ketika Anda mulai merasa stres, dengarlah musik terbaik yang bisa menenangkan dan memotivasi.

3. Meningkatkan Kesadaran Diri

5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Wartawanita.com

Kesadaran diri sangat penting bagi pertumbuhan diri. Dengan memahami diri sendiri maka kita bisa menemukan tujuan hidup, dan ini menjadi anugerah bagi dunia. Karena kita tahu alasan kenapa kita berada di dunia ini. Salah satu cara untuk memupuk kesadaran diri adalah dengan aktivitas ringan seperti mendengarkan musik. Musik sudah terbukti membantu seseorang untuk mengenal siapa dirinya, dan apa yang diinginkan dalam hidupnya.

4. Menguatkan Rasa Empati

5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Wartawanita.com

Terlepas Anda seorang Empath secara natural atau tidak, meningkatkan kemampuan berempati yang terbaik adalah dengan cara menghubungkan diri secara dalam, kuat dan bermakna. Mampu melihat dunia dari perspektif orang lain tidak hanya akan mendorong Anda mengubah cara dalam memandang hidup, namun juga bisa membantu orang lain merasa dihargai atau didengarkan. Dan musik adalah media restropeksi, karena kita bisa merasakan kisah orang lain melalui lirik, komposisi dan melodi.

5. Menghubungkan Secara Spiritual

5 Keuntungan Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan - Wartawanita.com

Musik bisa memiliki peran penting bagi kehidupan spiritual seseorang atau komunitas. Sepanjang sejarah, musik sendiri telah digunakan dalam berbagai perayaan. Musik memiliki sifat transenden yang dapat menghubungkan kita dengan sesuatu yang lebih besar dari diri, dantelah terbukti secara positif mempengaruhi spiritualitas dan kualitas hidup.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            56 Views