5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi - Wartawanita.com

5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi

Wartawanita.com – Jakarta selain kaya akan budayanya juga kaya dengan kulinernya. Banyak jajanan khas Betawi yang sudah ada sejak 50 tahun silam. Tidak disangka ada 5 jajanan pinggir jalan khas Betawi yang hingga hari ini masih digemari dan lebih istimewanya jajanan ini justru menjadi kegemaran anak muda di Jakarta. Dengan beberapa modivikasi, 5 jajanan ini masih menjadi jajanan favorit kawula muda Ibu Kota, yaitu :

5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi - Wartawanita.com1. Kue Cubit

Dalam sejarah memang tidak ada yang mengetahui dengan pasti siapa yang pertama kali membuat dan menjual kue cubit. Namun yang pasti kue ini sempat menjadi jajanan yang paling laris dan dicari di era tahun  90 an. Sama seperti penemu resepnya, tidak ada yang dapat memastikan mengapa kue ini dinamakan kue cubit. Nisa jadi karena yang kecil sama sepert ukuran cubitan tangan orang dewasa pada umumnya. Sekarang ini, kue cubit sangat tenar di kalangan anak muda namun telah terjadi pergeseran dari segi tampilannya. Kue cubit jaman sekarang tampil dengan bentuk yang lebih fresh dan menarik dengan tambahan topping modern seperti red velvet, nutella, green tea, marshmallow, dan masih banyak lagi.

5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi - Wartawanita.com2. Kue Rangi

Kue yang ini juga merupakan salah satu jajanan yang sudah ada semenjak dua atau tiga dekade silam. Seiring dengan perkembangan zaman, orang sudah mulai memandang camilan ini dengan sebelah mata. Penjual kue rangi di pinggir jalan pun terkadang terlihat amat kesulitan untuk menemukan pembeli. Namun di tangan kawula muda yang berjiwa kreatif, kue ini justru menjadi berkelas. Kue rangi jaman sekarang justru dijadikan pilihan sebagai kue yang sangat cocok menemani minum kopi dan mengobrol santai bersama teman. Tidak jarang pula ada yang menambahkan topping keju dan susu sebagai bentuk evolusi kue ini.

BACA JUGA:  Cinema XXI Gelar Nobar Beauty and the Beast Bersama Anak Panti Asuhan
5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi - Wartawanita.com3. Es Selendang Mayang

Es yang satu ini penampilannya memang cantik dan merupakan makanan khas Jakarta yang biasanya disajikan di acara tradisional masyarakat Betawi. Es selendang mayang termasuk sajian yang langka, karena memang hanya dibuat untuk memperingati momen tertentu. Bagi yang sudah pernah mencicipinya akan setuju bahwa es ini sangat efektif untuk menahan lapar, karena memang bahan dasarnya adalah tepung beras. Jaman sekarang es ini tidak hanya dapat dibeli sebagai jajanan tetapi sudah menjadi salah satu menu minuman di restoran atau kafe.

5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi - Wartawanita.com 4. Asinan Betawi

Makanan yang lengkap dengan sayuran ini memang banyak digemari oleh kaum hawa karena mempunyai cita rasa yang menyegarkan. Campuran sayuran mentah seperti toge, wortel, mentimun, kol dan tahu ini disajikan dengan bumbu kacang yang diberi cuka dan kerupuk kuning sebagai pelengkap. Perpaduan antara rasa asam, manis, asin, dan pedas membuatnya terasa nikmat dan menggoyang lidah. Sekarang ini untuk mencari asinan Betawi tidaklah susah karena masih banyak pengrajinnya yang masih mempertahankan tradisi untuk menekuni membuat makanan ini. Selain itu asinan Betawi menjadi salah satu menu wajib untuk melengkapi hidangan saat pesta.

BACA JUGA:  Harris Resort Kuta Beach Berhenati Beroperasi
5 Jajanan Betawi Tetap Dicari dan Berevolusi - Wartawanita.com5. Roti Buaya

Mungkin hanya masyarakat Betawi lah yang mempunyai ciri khas berupa roti yang berbentuk hewan buaya. Roti buaya ini menjadi roti wajib yang harus ada saat ada acara pernikahan dengan menggunakan Budaya Betawi. Istimewanya lagi, roti buaya ini dapat dibuat dengan ukuran yang lumayan besar. Kenapa roti buaya ini harus ada saat acara pernikahan ? Konon, buaya merupakan hewan yang setia karena sepanjang hidupnya hanya memiliki satu pasangan hidup saja. Jaman dahulu, roti buaya memang hanya adonan roti dengan bentuk buaya tapi jaman sekarang roti buaya sudah berevolusi dengan  isian seperti coklat atau strawberi.

Ehm…sangat menggoyang lidah ya makanan ini.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            112 Views