5 Hal Harus Diperhatikan Memilih Wahana dan Tempat Bermain Anak - Wartawanita.com

5 Hal Harus Diperhatikan Memilih Wahana dan Tempat Bermain Anak

5 Hal Harus Diperhatikan Memilih Wahana dan Tempat Bermain Anak - Wartawanita.comWartawanita.com – Pasti buah hati akan merasa senang dan antusias saat diajak untuk bermain di wahana permainan. Belakangan ini sudah banyak dibangun berbagai fasilitas wahana permainan untuk anak. Namun pada dasarnya semua wahana permainan tidak bisa digunakan untuk anak karena ada wahana yang belum dapat digunakan oleh anak.

Sebagai orangtua, saat ingin mengajak anak untuk bermain di wahana ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

Survei Sebelum Membawa Anak Masuk ke Tempat Permainan

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa semua wahana dan tempat permainan. Sebaiknya survey terlebih dahulu apakah tersebut aman untuk anak. Periksa apakah fasilitas keamanannya dan bagaimana kondisi lingkungan yang aman untuk anak. Perhatikan juga kondisi lingkungan tempat bermain seperti rumput, berbagai pohon yang besar, apakah ada kotoran hewan, apakah bersih atau tidak dan bagaimana dengan sarana tempat sampah. Semua item ini harus dilihat karena beberapa ancaman kesehatan dan keamanan bisa muncul ditempat bermain anak.

Periksa Faktor Lingkungan Sekitar

Periksalah keadaan lingkungan dan berbagai peralatan permainan yang tersedia. Apakah semua alat-alat itu aman dan masih layak untuk anak sehingga dapat mengurangi resiko cedera dan kecelakaan untuk anak. Periksa juga bagaimana fasilitas keamanan yang disediakan dan apakah ada resiko penyebab kecelakaan dari tempat permainan ini. Semua langkah ini sangat penting karena anak sering bermain dengan bebas dan tidak memperhatikan berbagai resiko yang bisa terjadi.

Sesuaikan Tempat Bermain dengan Usia Anak

Sebaiknya saat mengajak anak bermain di tempat permainan sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Halini dapat membantu anak agar tidak terkena kecelakaan. Misalnya jika anak ingin bermain di tempat yang tinggi atau wahana yang membuat anak berada di ketinggian maka perhatikan sarana dan lihat apakah itu sesuai dengan umur anak. Jika anak dapat bermain di tempat permainan sesuai dengan usianya maka anak dapat terhindar dari terkena cedera atau tidak terluka.

Ajari Anak untuk Bersikap Aman dan Nyaman

Sebelum mengajak anak mengunjungi tempat wahana permainan ada baiknya ajarkan juga anak tentang faktor keamanan dan kenyamanan. Saat anak akan bermain maka anak harus melihat apakah itu aman dilakukan atau tidak. Anak bisa mengambil resiko berbagai permainan tapi mereka harus menyadari hal itu. Kemudian anak juga bisa meminta pengawas untuk membantu ketika mereka bermain. Jika anak sudah bisa melakukan berbagai cara ini maka anak juga akan aman saat bermain.

Sesuaikan dengan Musim

Saat berniat untuk mengajak anak bermain ke wahana permainan sebaiknya perhatikan faktor cuaca yang sedang terjadi. Selain pertimbangan faktor resiko, persiapkan juga peralatan yang dibutuhkan saat musim sedang berlangsung seperti payung bila pada saat musim hujan, sunblok bila musim panas dan berada di area terbuka.

Mulai sekarang telitilah sebelum mengajak anak bermain di wahana permainan.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            122 Views