5 Hal Harus Dilakukan Hindari Kehilangan Bagasi di Bandara - Wartawanita.com

5 Hal Harus Dilakukan Hindari Kehilangan Bagasi di Bandara

5 Hal Harus Dilakukan Hindari Kehilangan Bagasi di Bandara - Wartawanita.com

Wartawanita.com – Sudah merupakan rahasia umum bahwa kehilangan koper sangat sering terjadi di bandara. Walaupun terlihat pengamanan dan pengawasan bandara yang super ketat tetapi ternyata tangan-tangan jahil akan lebih lihai memindahkan koper ke tempat yang tersembunyi. Jadi sebaiknya lakukan kiat-kiat ini agar terhindar dari kejahilan tangan yang tidak bertanggung jawab, yaitu :

1. Buatlah Daftar Barang Bawaan

Saat menyusun barang bawaan ke koper, ada baiknya buat juga daftar barang bawaan apa saja yang dibawa. Hal ini dapat mencegah membawa terlalu banyak barang yang tidak penting selama liburan sekaligus memudahkan klaim jika ada barang bawaan yang hilang selama berada di bagasi.

2. Foto Barang Bawaan

Sama seperti membuat daftar barang, memfoto atau mendokumentasikan isi koper sebelum berangkat ke bandara juga dapat menjadi tindakan preventif sekaligus persiapan jika ada barang yang berpindah tempat, rusak apalagi hilang selama berada di bagasi. Dokumentasi juga akan memudahkan untuk melakukan klaim ke maskapai penerbangan jika ada barang yang hilang dari bagasi.

3. Beri Kunci Tambahan di Koper

Guna mengantisipasi tangan-tangan jahil yang akan mencuri barang bawaan di bagasi, ada baiknya berikan pengaman tambahan di koper. Misalnya dengan membungkus koper dengan plastik (plastic wrap) yang biasanya tersedia di setiap bandara. Bisa juga dengan menambahkan gembok yang dilengkapi kode di koper. Pengaman tambahan ini akan menyulitkan pencuri untuk membongkar koper.

4. Sedapat Mungkin Tidak Melakukan Penerbangan Transit

Banyak juga kejadian bagasi hilang saat melakukan penerbangan transit. Biasanya hal ini terjadi karena saat transit, bagasi juga harus dipindah ke pesawat lain dengan proses yang rumit dan lumayan panjang. Mekanisme pengaturan bagasi untuk penumpang transit seperti ini yang memungkinkan bagasi tertinggal hingga hilang.

5. Gunakan Layanan Asuransi Perjalanan

Biasanya di bandara ada layanan asuransi perjalanan. Sebaiknya manfaatkan layanan ini sehingga jika terjadi sesuatu terhadap bagasi maka asuransi harus memberikan kompensasi atas kehilangan saat penerbangan.

Jadi tetap waspada ya.

Tags:
1 shares
                            114 Views