5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah

5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah

Wartawanita.com – Beberapa hari lagi putri kandung Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu akan segera mengakhiri masa lajangnya. Kahiyang Ayu akan menikah dengan pria pujaan hatinya, Bobby Afif Nasution (Bobby Nasution) di Solo. Demi agar lancarnya acara pernikahan berbagai persiapan telah dilakukan. Salah satunya adalah Jokowi langsung turun tangan dalam memeriksa segala keperluan pernikahan anaknya dan membuktikan bahwa dirinya adalah seorang ayah yang sangat peduli pada keluarganya.

Selain itu inilah fakta unik seputar persiapan pernikahan putri orang nomor satu di Indonesia, yaitu :

Tanpa Pingitan

5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah - Wartawanita.comBiasanya dalam tradisi masyarakat Jawa ada yang namanya pingitan sebelum pernikahan. Pingitan adalah prosesi melarang calon pengantin wanita bepergian jauh, atau tidak boleh keluar rumah sama sekali. Akan tetapi ternyata tradisi ini tidak dilakukan oleh Kahiyang Ayu. Kahiyang masih bebas berpergian kemana-mana, salah satu contohnya yaitu saat menyampaikan undangan ke rumah Bapak Jusuf Kalla dan lainnya.

Menggunakan 5 Perias Pengantin Tradisional Solo

5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah - Wartawanita.comLazimnya untuk merias pengantin wanita hanya menggunakan jasa satu perias pengantin saja. Lain halnya dengan Kahiyang yang nanti di hari H dikawal dengan 5 orang perias pengantin ! Ternyata selain bertanggung untuk merias pengantin, kelima perias ini juga bertanggung jawab untuk merias seluruh anggota keluarga Jokowi, dalam setiap ritual yang akan diadakan.

Khusus untuk merias pengantin wanitanya dipercayakan pada perias yang sudah sangat berpengalaman dan bahkan berusia lanjut. Bahkan perias pengantin yang sudah sepuh ini harus melakukan ritual puasa Senin – Kamis agar hajatnya berjalan lancar.

Moda Transportasi Becak Dimanfaatkan

5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah - Wartawanita.comMungkin mengantar tamu dengan menggunakan becak dijadikan ciri khas Bapak Jokowi setiap akan mantu. Seperti halnya dalam pernikahan Gibran dulu, saat pernikahan Kahiyang Ayu pun akan memanfaatkan becak untuk mengantar tamu undangan. Guna mengantisipasi tamu yang hadir, telah siap 50 becak yang akan mengantar para undangan.

Rute becak dimulai dari lokasi parkir, hingga ke gedung tempat acara pernikahan Kahiyang Ayu dilangsungkan. Keberadaan becak ini selain dianggap sebagai simbol kota Solo juga agar para tamu dari luar kota yang belum pernah naik becak dapat merasakannya.

Hidangan Menu Lokal Ala Racikan Sendiri

5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah - Wartawanita.comSalah satu penguat dalam sebuah acara resepsi adalah sajian makanannya. Urusan memanjakan lidah tamu ini menjadi tanggung jawab katering Chilli Pari miliknya Gibran. Katering ini memang menjadi andalan keluarga presiden saat pernikahan Gibran – Selvi. Jenis makanan tradisional dan menu-menu lokal populer khas Solo masih akan menjadi suguhan utama, seperti gudeg, nasi liwet, thengkleng, dan selat. Selain itu aneka jajanan pasar juga disuguhkan seperti serabi, ledre, sosis basah, dan yang teristimewa adalah martabak manis Kotabarat (Markobar).

Seniman Lokal Unjuk Kebolehan

5 Fakta Unik Dibalik Pernikahan Putri Presiden RI, Solo Kembali Meriah - Wartawanita.comWalau berpikir modern akan tetapi kesenian tradisional tidak akan dilupakan. Keluarga Jokowi saat acara resepsi pernikahan putrinya akan memanjakan telinga para tamu dengan suguhan musik tradisional. Rencanaya tim karawitan dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta akan mengiringi para tamu saat datang dan dalam acaranya. Kelak di ruangan resepsi akan terdengar dengan merdu alunan gamelan  dengan konsep gamelan carabelan yaitu gamelan gaya Surakarta yang biasa digunakan untuk menyambut dan menghormati tamu. Karawitan jenis ini biasanya hanya digunakan di Keraton Kasunanan dan Mangkunegaran.

Semoga acaranya sukses ya.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            194 Views