5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya - Wartawanita.com

5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya

Wartawanita.com – Indonesia kaya akan suku dan budayanya. Salah satu kekayaan Indonesia adalah beraneka dongeng atau cerita rakyat yang melegenda. Dongeng rakyat Indonesia sangat sarat akan nasehat dan nilai-nilai kehidupan sehingga banyak dijadikan bahan cerita pada anak. Mendongeng cerita rakyat Indonesia dapat membuat anak ikut belajar tentang kehidupan dan mengetahui mana yang baik dan buruk. Ini dia dongeng rakyat Indonesia yang masih melegenda, seperti :

Malin Kundang – Sumatera Barat

5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya - Wartawanita.comDongeng ini masih sangat melegenda hingga saat ini. Berkisah tentang seorang anak yang dikutuk menjadi batu oleh ibu kandungnya karena bersikap durhaka. Cerita yang berasal dari Sumatera Barat ini sangat sarat akan pesan moral bahwa jangan pernah bersikap durhaka pada orangtua kandung. Konon kejadian ini merupakan kisah nyata dari daerah Pantai Air Manis,  Sumatera Barat. Hingga saat ini para pengunjung pantai masih datapy melihat patung batu yang dipercaya jelmaan dari Malin Kudang si anak durhaka.

Roro Jonggrang – Yogyakarta

5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya - Wartawanita.comPatung Roro Jonggrang dan Candi Prambanan yang berada di Yogyakarta memiliki kaitan erat dengan cerita Roro Jonggrang. Dongeng ini bercerita tentang kisah cinta antara Pangeran Bandung Bondowoso dengan Putri Roro Jonggrang yang berakhir tragis. Roro Jonggrang bersedia menerima lamaran Bandung Bondowoso apabila ia menerima tantangan membuat sumur dan membangun seribu candi dalam waktu semalam saja. Saat sedang membangun candi ke 999, Roro Jonggrang bertindak curang dengan memerintahkan kepada dayang istana dan perempuan desa untuk menumbuk padi dan membakar jerami agar makhluk halus yang membantu Bandung membuat candi mengira bahwa matahari telah terbit. Bandung Bondowoso pun marah dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Dongeng ini mengajarkan bahwa berbuat curang dengan alasan apapun tetap tidak dibenarkan.

Timun Mas – Jawa Tengah

5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya - Wartawanita.comAlkisah dongeng ini bercerita tentang  seorang janda bernama Mbok Sirni yang menginginkan seorang anak agar dapat menemani sisa hidupnya.  Suatu hari ketika Mbok Sirni pergi ke ladang, ia didatangi raksasa yang mengatakan akan memberikan Mbok Sirni seorang anak tetapi dengan syarat harus memberikan anak itu lagi setelah berumur enam belas tahun. Mbok Sirni pun setuju, kemudian raksasa memberinya biji timun untuk ditanam. Dari timun itulah muncul seorang bayi perempuan. Akhirnya waktu yang dijanjikan tiba dan Timun Mas harus berusaha untuk terlepas dari genggaman tangan raksasa. Berkat kecerdikannya Timun Mas berhasil lolos dari kejaran Raksaan. Hikmah dari dongen ini adalah bahwa manusia harus berusaha sekuat tenaga untuk meraih cita-cita tanpa putus asa.

Sangkuriang – Jawa Barat

5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya - Wartawanita.comCerita ini berkisah tentang asal muasal terjadinya gunung Tangkuban Perahu. Konon gunung Tangkuban Perahu tercipta karena Sangkuriang yang menendang perahu yang dibuatnya. Sangkuriang merupakan seorang pria yang jatuh cinta kepada ibu kandungnya sendiri yaitu Dayang Sumbi. Akan tetapi mendapat akal untuk menggagalkan nita tersbut dengan mengajukan dua syarat. Salah satu adalah membuat perahu besar untuk menyeberangi sungai dalam waktu satu malam saja. Saat fajar akan menyingsing, Dayang Sumbi memohon pada ayam jago untuk berkokok agar pekerjaan Sangkuriang tidak selesai. Alhasil Sangkurian marah dan menendang perahu yang sedang dikerjakan hingga terbalik dan terbentuklah gunung Tangkuban Perahu. Pesan dalam dongeng ini adalah hal-hal yang sudah diluar nalar dan akal sehat pasti tidak akan terkabul.

Bawang Merah Bawang Putih – Riau

5 Dongeng Rakyat Indonesia yang Paling Sering Diceritakan Pada Anak, Banyak Pelajaran Didalamnya - Wartawanita.comMendengar dongeng ini memang akan membuat emosi meledak karena kejahatan Bawang Merah terhadap Bawang Putih. Keduasaudara ini memang memiliki sifat yang berbeda. Bawang Putih adalah gadis yang baik hati, rajin dan jujur, sedangkan Bawang Merah memiliki sifat malas, sombong dan dengki. Pesan moral dari dongeng ini sangat baik didengar oleh anak-anak, apalagi sekarang banyak bermunculan cerita-cerita modern.

Masih mau khan mendongengkan cerita ini untuk buah hari.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            219 Views