cita15 Cita-cita Favorit Anak Indonesia - Wartawanita.com

5 Cita-cita Favorit Anak Indonesia

5 Cita-cita Favorit Anak Indonesia - Wartawanita.com

Wartawanita.com – Bagi yang kelahiran sekitar tahun 70 atau 80 an, kira-kira apakah masih ingat jawaban apa yang sering dikatakan jika ditanya tentang cita-cita ? Pastinya berkisar keinginan mempunyai profesi ‘dokter’ atau polisi atau bahkan presiden ! Tetapi ternyata sekarang popularitas profesi dokter sudah tidak lagi di rangking satu alias sudah mulai tergeser di generasi sekarang ini.

“Evolusi pekerjaan impian dari masa ke masa menandakan perubahan ketertarikan dan keinginan terhadap kemampuan dan keterampilan baru, seperti contohnya kemampuan bidang IT dan finansial yang semakin dibutuhkan saat ini,” kata Linda Lee, Head of Communications, Southeast Asia and North Asia, LinkedIn, dalam siaran persnya.

Berdasarkan survei LinkedIn dari 1,000 responden Indonesia yang terdiri dari pelajar dan profesional muda, pekerjaan yang terkait dengan industri IT dan keuangan menjadi semakin populer di kalangan pelajar masa kini. Lima pekerjaan impian masa kecil favorit pelajar adalah pengusaha, spesialis IT, akuntan, bidang finansial atau perbankan serta ilmuwan atau insinyur.

Sementara itu, para profesional muda saat ini dulunya ternyata mempunyai impian menjadi dokter atau suster, pengusaha, pengajar, berkarir di bidang militer dan ilmuwan atau insinyur. Mereka termotivasi mengejar pekerjaan impian 30 persen dikarenakan terinspirasi sesuatu atau seseorang. Sedangkan 94 persen dikarenakan dukungan orang tua, dan sekitar 89 persen responden merasa percaya diri dapat meraih impian mereka.

Perjalanan meraih pekerjaan impian tidak selalu mulus. Hampir 60 persen profesional muda tidak bekerja di bidang yang mereka idamkan sejak kecil. Akses pendidikan dan kemampuan disebut jadi penghalang utama. Lebih dari 55 persen mengaku tidak punya kesempatan mengejar mimpi karena kualifikasi pendidikan dan kemampuan.

Lebih dari setengah responden profesional muda memilih karir di bidang lain, hanya 29 persen yang pekerjaannya punya kaitan dengan impian mereka dan 13 persen yang sedang menjalani pekerjaan impian. Saat ini akses pendidikan semakin terbuka pada generasi sekarang, terbukti dari survei yang menunjukkan hanya 8 persen pelajar yang mengaku akses pendidikan jadi tantangan terbesar menuju pekerjaan impian. Sedangkan 51 persen pelajar menganggap kendalanya ada pada akses finansial serta 28 persen mengatakan sulit masuk akses ke jaringan yang tepat.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            174 Views