5 Cara Cepat Pertolongan Luka Bakar Ringan - Wartawanita.com

5 Cara Cepat Pertolongan Luka Bakar Ringan

5 Cara Cepat Pertolongan Luka Bakar Ringan - Wartawanita.comWartawanita.com – Wanita yang sedang bekerja di dapur sangat rentan untuk mengalami ‘kecelakaan kecil’, seperti tersenggol panci panas, tersiran air mendidih, terkena percikan minyak panas, dan sebagainya. Kecelakaan kecil ini akan membuat panas di kulit yang diakibatkan luka bakar kecil tersebut. Beberapa hal dibawah ini dapat dijadikan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan kecil dan sangat mudah ditemukan di dalam rumah, yaitu :

Manfaatkan Kentang Mentah

Secara alami di dalam kentang mentah memiliki sifat anti inflamasi dan mendinginkan kulit. Sifat inilah yang menjadikan kentang sangat baik dijadikan masker kulit wajah. Caranya, cukup iris tipis kentang mentah dan tempelkan pada bagian yang terluka dan tekan-tekan sesekali untuk meredakan panas.

Gunakan Kesejukan Lidah Buaya

Ternyata tanaman lidah buaya ternyata merupakan tanaman obat mujarab yang bermanfaat untuk mendinginkan kulit dan menyembuhkan penyakit. Salah satunya adalah luka bakar terkena panas. Secepatnya setelah kejadian oleskan lidah buaya diatas luka untuk mempercepat kesembuhan.

Manfaatkan Teh Celup Bekas

Jika terluka karena terkena benda panas, segera kompres luka tersebut dengan bungkus teh celup bekas. Setelah menyeduh teh, jangan langsung buang bekasnya karena kantong teh celup bekas yang sudah dingin dapat mengompres untuk mendinginkan luka karena teh mengandung tannin.

Gunakan Asamnya Cuka

Cuka dapur memang memiliki banyak jenis. Jika terjadi luka bakar, gunakanlah hanya cuka putih saja. Pada cuka putih banyak mengandung komponen aspirin yang disebut asam asetat. Zat inilah yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada luka bakar. Caranya, oleskan cuka putih di atas area luka bakar dengan menggunakan kain atau kapas bersih.

Hilangkan Rasa Sakit dengan Manisnya Madu

Madu dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit akibat luka bakar di kulit. Mengoleskan madu di sekitar daerah yang terbakar haruslah dilakukan terus-menerus hingga semua sel mati dikeluarkan dan muncul sel baru. Perhatikan saat mengoleskan madu, area luka mungkin akan lengket, tetapi jangan pernah menggunakan perban untuk ini. Selain itu, untuk pemulihan lebih cepat, madu medis lebih baik daripada yang biasa.

Selamat mencoba ya.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            101 Views