5 "Bomerang" Buat Wanita Gagal Berbisnis - Wartawanita.com

5 “Bomerang” Buat Wanita Gagal Berbisnis

5 "Bomerang" Buat Wanita Gagal Berbisnis - Wartawanita.comWartawanita.com –  Wanita memang ditakdirkan terlahir dengan kemampuan ‘multitasking’, hampir seluruh pekerjaan pria bisa wanita lakukan juga. Efek positif dari kelebihan wanita ini adalah kemampuannya untuk dapat menyokong perekonomian keluarga secara mandiri dengan menggunakan keahliannya. Sifat-sifat positif yang dimiliki wanita sangat berguna bagi dirinya untuk berwirausaha karena biasanya intuisi bisni yang dimiliki kaum hawa ini sangat baik serta mempunyai rasa empati lebih tinggi dibanding pria.

Meskipun mempunyai banyak kelebihan tetapi wanita tetap merupakan makhluk yang penuh rasa sehingga ini dapat menjadi bomerang bagi dirinya sendiri. Begitu juga dalam melakukan bisnis, ada beberapa hal yang membuat wanita menjadi gagal menjalankan bisnis atau usahanya sendiri, seperti :

Selalu Banyak Pikiran

Kemampuan multitasking yang dimiliki sekaligus pengabdian terhadap keluarga dapat menjadi masalah saat melakukan bisnis. Saat menjalankan bisnisnya wanita tidak bisa untuk 100 persen berkonsentrasi pikirannya ke pekerjaannya. Didalam kepalanya tetap mempunyai kewajiban untuk memikirkan keluarga. Pikirannya pasti akan bercabang antara meninggalkan anak-anaknya untuk bekerja, mengurus suami dan banyak hal lainnya. Seharusnya dengan management waktu yang tepat para wanita dapat menjalankan usahanya dengan lebih fleksibel dibandingkan jika menjadi karyawan kantor.

Mempunyai Rasa Empati Berlebih

Rasa empati yang dimiliki wanita dapat menjadi bomerang bagi dirinya dalam menjalankan bisnisnya. Sifat empati wanita ini jika dapat dikendalikan dengan baik dan benar akan sangat  berguna untuk kemajuan bisnis yang sedang dijalaninya seperti adanya ide yang muncul dari berbagai empati yang diterimanya dari lingkungan sekitar dan dari hasil empatinya terhadap orang lain. Tetapi saat rasa empati ini terlalu besar dan berlebih maka hal ini akan memainkan rasa emosi dan perasaanya bukan melalui logika. Inilah yang terkadang membuat wanita sering tertipu oleh rekan kerjanya.

Kurang Memahami Management Bisnis

Banyak wanita mempunyai ilmu dan pengetahuan yang lebih pintar daripada pria tetapi entah mengapa dalam hal manajemen bisnis wanita banyak mengalami kesulitan. Jangan sedih, hal ini wajar terjadi karena pria lebih suka untuk menghabiskan waktu mencoba sehingga mendapatkan pengalamanan dan bisa dengan tegas memutuskan sesuatu. Sedangkan wanita yang pada dasarnya sulit untuk mencoba ini hanya dapat menunggu dan terkadang bimbang dengan keputusan yang akan diambilnya karena banyaknya pikiran yang berkaitan dengan segala hal yang ada di sekitarnya.

Dihantui Perasaan Takut Gagal

Mempunyai rasa takut gagal paling sering dialami oleh wanita sehingga   kemampuan untuk maju dan membuat inovasi baru ini menjadi lebih sedikit dibanding dengan pria. Perasaan ini menyangkut  sifat wanita yang sangat peka  sehingga selalu memikirkan dampak segala hal yang diambilnya ini dari a – z. Hal ini tentunya akan berdampak buruk dan dapat membuat wanita lebih terbelakang dalam menjalankan bisnis daripada pria karena wanita kurang mau membuat inovasi baru dan mencoba karena takut gagal.

Terfokus Mencari Untung

Tidak dapat dipungkiri bahwa wanita lebih cermat dan sangat teliti dalam masalah keuangan. Inilah yang membuat terkadang wanita dalam berbisnis terlalu fokus untuk mendapatkan keuntungan.  Namun hal ini justru dapat mendatangkan masalah  baru yang berimbas pada laju usahanya. Terlalu cermat membuat wanita akan berusaha meminimalkan modal untuk mendapat untung yang besar, sehingga terkadang melupakan bahwa didalam bisnis  juga harus menjalin hubungan mutualisme dengan  konsumen.

Oleh karenanya jangan jadikan kelemahan-kelemahan ini sebagai penghambat wanita untuk dapat maju didalam usahanya tapi jadikan kelemahan sebagai kekuatan yang tersembunyi.

Kode unik: W#psikologi19

Tags:
0 shares
                            208 Views