5 Bandara yang Menakutkan di Dunia - Wartawanita.com

5 Bandara yang Menakutkan di Dunia

Wartawanita.com – Menggunakan pesawat terbang sudah menjadi alat transportasi yang mulai ramai dipergunakan. Pesawat terbang yang mengudara tentunya akan banyak hal-hal yang sifatnya lebih spesifik dalam hal keamanan, baik keamanan penumpangnya maupun bandaranya. Misalkan pada bandara yang sifatnya international mempunyai syarat dan ketentuan yang berhubungan dengan landas pacunya.

Ternyata di dunia ada 5 bandara international yang cukup menakutkan di dunia dikarenakan lokasinya yang cukup membuat hati ciut, yaitu :

Bandara International Madeira – Portugal

5 Bandara yang Menakutkan di Dunia - Wartawanita.com

Bandara ini letaknya di dekat Funchal, Madeira, Portugal. Bandara ini mempunyai tugas untuk memandu lalu lintas udara domestik dan internasional di Pulau Madeira. Mengapa bandara ini menjadi salah satu bandara yang menyeramkan di dunia ? Penyebabnya adalah karena bandara ini mempunyai landasan pacu yang pendek plus posisinya dekat dengan tebing.

Di tahun 1980, pesawat Boeing 727 jatuh di ujung landasan saat akan mendarat. Kecelakaan ini mengakibatkan 131 penumpangnya tewas. Kejadian ini membuat landasan pacunya diperpanjang di atas laut dengan 150 tiang beton untuk menopangnya. Walaupun landasannya tidak lagi pendek, posisinya yang berdekatan dengan pegunungan dan laut masih tetap menjadi masalah lain, yakni turbulensi ekstrem dan kondisi cuaca buruk. Kondisi itu memberikan masalah bagi pilot, bahkan yang paling berpengalaman, saat lepas landas atau mendarat.

Bandara International Princess Juliana – Belanda
5 Bandara yang Menakutkan di Dunia - Wartawanita.com
Princess Juliana International Airport (PJIA) merupakan bandara yang terletak di St Maarten. Bandara ini letaknya 15 kilometer barat laut dari Philipsburg. Bandara ini merupakan bandara tersibuk kedua di Karibia Timur Utara. Bandara ini dianggap bandara yang berbahaya di dunia karena lokasinya yang sangat dekat dengan pantai dan jarak turis dan badan pesawat bisa sangat dekat saat pesawat sedang terbang rendah.

Tiupan mesin jet pesawat telah terkenal dapat mengakibatkan penonton yang sering kali berjubel di pagar bandara melayang-layang hingga kadang masuk ke pantai. Tentunya hal ini sangat berbahaya bukan ?

Bandara Internationa Kai Tak – Hongkong
5 Bandara yang Menakutkan di Dunia - Wartawanita.com

Walaupun bandara ini sudah ditutup sejak tahun 1998 lalu tetapi para pilot banyak yang mengakui bahwa bandara Kai Tak merupakan bandara tersulit untuk melakukan pendaratan ataupun lepas landas. Inilah yang membuat bandara ini dinobatkan sebagai bandara paling berbahaya.

Bandara ini menjadi berbahaya karena letaknya di dalam kota dan dekat dengan pantai, selain itu bandara ini mempunyai jalur yang terbatas dan sinyal dan penerangannya pun benar-benar membingungkan. Inilah yang membuat beberapa pesawat international pada saat itu selalu gagal mendarat bahkan terbang diatasnya.

Bandara Tenzing-Hillary Lukla – Nepal

5 Bandara yang Menakutkan di Dunia - Wartawanita.com

Bandara ini sangat unik karena diapit Pegunungan Himalaya dan mempunyai ujung landas pacunya yang merupakan juran dan tebing serta pendek. Bisa bayangkan betapa mengerikannya ! Hal inilah yang menyebabkan bandara ini menjadi bandara yang paling berbahaya dan mengerikan oleh para pilot di seluruh dunia.

Bandara ini memang mempunyai kesibukan karena dipenuhi oleh para pendaki yang akan mendaki Gunung Himalaya. Bahkan saking menyeramkannya bandara ini para pendaki malah mengatakan bahwa mendarat di bandara ini lebih mengerikan dibandingkan menjelajah Himalaya dengan berjalan kaki!

Sea Ice Runway Aiport – Antartika

5 Bandara yang Menakutkan di Dunia - Wartawanita.com

Unik tapi sangat berbahaya, mungkin inilah yang dapat dikatakan untuk bandara yang satu ini. Bandara ini terletak di Antartika yang yang sudah pasti semuanya adalah es, oleh sebab itulah landasan pacu bandara ini dibuat diatas lautan yang membeku dari Ross Island setiap tahunnya. Landasan pacunya terbentang sepanjang 2,5 mil dan beroperasi sebagian besar pada musim panas di Antartika.

Pilot harus lihai menghindari mendarat terlalu berat agar terhindar dari tenggelam karena es yang retak. Bandara ini bahkan pernah meleleh, sehingga semua jadwal penerbangan terpaksa dibatalkan dan dialihkan. Selain tantangan akan retakan es, licinnya landasan pacu yang tidak beraspal ini juga merupakan tantangan tersendiri yang harus dihadapi pilot.

Kalau bandara di Indonesia aman nggak ya ?

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            180 Views