5 Bahaya Mengintai Punya Hobi Menggunakan Headset

5 Bahaya Mengintai Punya Hobi Menggunakan Headset

5 Bahaya Mengintai Punya Hobi Menggunakan HeadsetWartawanita.com – Penggunaan pemutar musik personal alias headset alias earphone belakangan ini semakin banyak diminati. Salah satu alasannya adalah untuk dapat mendengarkan lagu atau berita favorit di mana saja dan kapan saja, baik saat sedang dalam kendaraan umum yang berdesakan bahkan saat bekerja di depan komputerpun masih banyak yang menggunakan earphone ini dengan alasan agar tidak menganggu rekan sekerja.

Apapun alasan penggunaan alat ini memang baik yaitu agar tidak menganggu lingkungan sekitar. Tapi sadarkah akan bahaya atau dampak negatif bagi kesehatan di kemudian hari ? Mungkin saat ini dampak negatifnya belum terlalu dirasakan pada pendengaran tapi nantinya akan berefek pada hilangnya kemampuan pendengaran seseorang, begitu menurut penelitian yang pernah dilakukan seperti di lansir International Herald Tribune.

Daya tangkap suara pada telinga manusia memang tergantung pada usia seseorang. Tingkatan suara terbagi atas beberapa tingkat, yaitu Suara ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 dB, sedangkan untuk anak-anak 20 sampai 40 dB. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 dB atau lebih yang masih dapat didengar manusia. Kode unik: KLIK di sini

Pemutar musik personal ini mengandung gelombang elektromagnetik yang dapat berpengaruh terhadap otak dan seberapa jauhkah pengaruh gelombang tersebut terhadap kerusakan otak ? Mengenai pengaruhnya terhadap telinga, paparan musik dengan earphone dapat mempengaruhi ambang pendengaran , terutama bila dilakukan dengan volume keras dan jangka waktu lama. Apapun itu pengaruhnya yang pasti akan berdampak pada kesehatan. Beberapa efek negatif penggunaan headset untuk kesehatan adalah :

1. Dapat Mengakibatkan Kerusakan Permanen pada Telinga

Hal ini terjadi bila telinga sudah tidak kuat lagi menanggung beban suara keras dari earphone yang langsung terhubung dengan lubang telinga, biasanya hal ini terjadi pada mereka yang masih berusia muda atau remaja.

2. Dapat Kehilangan Pendengaran di Usia 20 – an

Berdasarkan penelitian, efek penggunaan earphone atau headset yang berlebih ini memang tidak akan langsung terasa. Kerusakan akibat penggunaan headset atau earphone yang berlebihan ini akan muncul secara perlahan, biasanya efek akan mulai terasa di usia 20 -an. Di usia ini efek mulai mulai kehilangan pendengaran dapat terasa.

3. Terjadinya Kerusakan otak

Gelombang elektromagnetik akibat earphone atau headset ini diduga dapat berpengaruh terhadap listrik otak. Terbukti gelombang elektromagnetig ini berpengaruh pada listrik otak pada tikus. Namun, hingga saat ini belum diketahui seberapa besar efek dari gelombang elektromagnetik itu pada otak manusia. Tapi yang jelas harus tetap waspada !

4. Berpengaruh pada Ambang Pendengaran

Paparan musik dengan earphone atau headset dapat mempengaruhi ambang pendengaran manusia, terutama bila dilakukan dengan volume keras dan dalam jangka waktu lama. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran secara permanen.
Jadi bijaksanalah dalam menggunakan earphone atau headset ini sesuai kebutuhan saja, jangan berlebih. Mengenai tingkat suara, suara tingkat ringan untuk dewasa berada antara 25 hingga 40 desibel, sedangkan anak-anak 20 hingga 40 desibel. Bertingkat semakin tinggi hingga suara terberat berkualitas 90 desibel atau lebih yang masih dapat didengar.

5. Dapat Terjadinya Infeksi pada Telinga

Penggunaan earphone dapat beresiko tinggi terjadinya infeksi pada telinga. Hal ini terjadi karena kemungkinan earphone yang masuk ke dalam rongga telingga tidak dalam kondisi bersih. Menggunakan earphone yang tidak bersih dapat mengakibatkan terjadinya peradangan pada rongga telinga karena adanya bakteri-bakteri dari earphone yang berpindah ke telinga.

Menggunakan earphone memang akan membuat suara terdengar jelas, tetapi sebaiknya gunakanlah secara bijak.

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            217 Views