4 Tips Yahut Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida, Wanita Harus Paham Ini ! - Wartawanita.com

4 Tips Yahut Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida, Wanita Harus Paham Ini !

Wartawanita.com – Buah dan sayur yang selama ini selalu dikomsumsi manusia kebanyakan akan mengandung kadar pestisida. Memang pestisida ini digunakan para petani sebagai pupuk untuk mencegah gagal panen karena serangan serangga, bakteri, jamur, atau tikus. Akan tetapi pestisida mempunyai efek buruk  bagi kesehatan manusia karena dapat menyerang sistem saraf, getah bening, dan saluran pencernaan,  terutama anak-anak.

Namun, bukan berarti buah dan sayur harus dihindari ya karena kedua jenis makanan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ini dia tips sederhana mencuci buah dan sayur agar terbebas dari pestisida, yaitu :

4 Tips Yahut Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida, Wanita Harus Paham Ini ! - Wartawanita.comCucilah Buah dengan Menggunakan Sabun

Pestisida pada buah tidak dapat hilang jika hanya dicuci dengan air biasa. Situs Suite menyarankan agar menggunakan sabun pencuci khusus yang aman bagi buah dan sayur. Rendam buah dalam air yang sudah ditetesi sabun selama beberapa menit. Kemudian bilas buah dari sisa sabun hingga bersih.

BACA JUGA:  Langkah Jitu Redakan Flu
4 Tips Yahut Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida, Wanita Harus Paham Ini ! - Wartawanita.comManfaatkan Cuka

Cuka dapat digunakan untuk membersihkan buah dari bakteri dan memecah lapisan lilin pada produk. Seperti yang dilansir dalam Cooks Illustrated, cara paling cepat mencuci buah adalah dengan menggunakan cuka dengan cara menyemprotkan cuka ke buah, kemudian bilas di bawah air mengalir. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, rendam buah dalam campuran air dan cuka selama 10-20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

4 Tips Yahut Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida, Wanita Harus Paham Ini ! - Wartawanita.comMembuat Sabun Pencuci Buah dan Sayur Sendiri

Ternyata sabun pencuci buah dan sayur juga dapat diproduksi dari dalam rumah juga lho. Selain lebih murah, caranya juga tidak sulit. Campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk lemon, 2 sendok makan baking soda, dan 250 ml air. Masukkan campuran tersebut dalam botol semprot. Jika akan digunakan, semprotkan saja pada buah kemudian diamkan 5-10 menit, sebelum dicuci bersih. Baking soda juga dapat diganti dengan cuka, dalam ukuran yang sama. Semprotkan pada buah, tak perlu dicuci lagi, cukup dikeringkan dengan tisu atau lap bersih, dan siap dikonsumsi.

BACA JUGA:  8 Hal Penyebab "Miss V" Kering
4 Tips Yahut Mencuci Buah dan Sayur Agar Bebas Pestisida, Wanita Harus Paham Ini ! - Wartawanita.comMengupas Kulit Buah

Cara ini merupakan cara paling sederhana dan terbaik untuk menghilangkan sisa pestisida pada buah, terutama pada apel yang paling banyak terkontaminasi dibandingkan buah lainnya. Cuci buah dengan baik sebelum dikupas, agar tidak memindahkan pestisida atau bakteri ke daging buah.

Jadi sekarang bisa katakan selamat tinggal pada pestisida ya.

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            307 Views