4 Efek Stres Terhadap Haid, Wanita Harus Paham - Wartawanita.com

4 Efek Stres Terhadap Haid, Wanita Harus Paham !

Wartawanita.com – Wanita merupakan mahkluk yang agak sulit untuk mengelola rasa stress. Hal-hal yang sering menyebabkan wanita menjadi stress adalah pekerjaan, kesibukan, dan tekanan yang sulit untuk dicegah sehingga sulit untuk mencegah pikiran dari stres. Biasanya saat stres kondisi tubuh wanita dapat terpengaruh termasuk siklus haid.

Saat wanita sedang dalam kondisi stres maka gejala PMS dapat menjadi semakin parah. Ternyata hormon stres yang berlebihan dapat memicu premenstrual syndrome sehingga wanita dapat mengalami mood swing, nyeri haid, perut kembung, payudara yang terasa kencang, dan migrain. Selain dapat membuat PMS makin parah, stres juga dapat mempengaruhi siklus haid, yaitu :

Terlambat Datangnya Haid

4 Efek Stres Terhadap Haid, Wanita Harus Paham - Wartawanita.comStres dan siklus haid  ternyata dapat saling mengacaukan satu sama lain. Stres dapat mengganggu keseimbangan hormon serta meningkatkan produksi kortisol dalam tubuh. Pada saat hal ini terjadi maka kortisol dapat menghambat ovulasi dan dapat membuat haid jadi terlambat. Terlambatnya haid yang disebabkan oleh stres dapat berdampak buruk karena darah yang keluar biasanya tidak seperti biasanya.

Menurunnya Kadar Estrogen

4 Efek Stres Terhadap Haid, Wanita Harus Paham - Wartawanita.comSaat masa ovulasi maka hormon estrogen akan meningkat. Saat stres maka rasa cemas akan mempengaruhi sistem tubuh dan membuat keseimbangan hormon ikut terganggu. Jika stres meningkat mendekati siklus haid maka kadar estrogen akan menurun sehingga siklus haid menjadi tidak beraturan atau malah sangat terlambat. Biasanya untuk mengatasinya adalah dengan menjaga pola makan sehat dan olahraga rutin untuk mengatasi stres dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

Tidak Haid Sama Sekali

4 Efek Stres Terhadap Haid, Wanita Harus Paham - Wartawanita.comKetelatan datang bulan dapat mencapai satu bulan. Saat hormon yang diproduksi otak dan sistem tubuh terganggu karena stres dapat mengakibatkan tidak sekedar telat haid beberapa hari saja, tapi bisa sampai sebulan. Jadi ada kemungkinan dalam waktu sebulan wanita tidak mendapat haid.

Waktu Haid Bisa Lama atau Sebentar

4 Efek Stres Terhadap Haid, Wanita Harus Paham - Wartawanita.comHormon stres kortisol ternyata dapat mempengaruhi produksi estrogen dan progesteron yang dikeluarkan oleh tubuh. Saat tubuh terlalu banyak memproduksi kortisol maka efeknya dapat mempengaruhi lamanya haid, yaitu bisa sebentar atau bahkan lama.

Jadi sebaiknya wanita dapat menandai siklus haidnya setiap bulan ya.

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            50 Views