Ibu Panik

15 Trik Hindari Panik di Pagi Hari

wartawanita.com – Kebanyakan wanita terutama para ibu akan selalu mengalami ‘kehebohan’ rutin setiap pagi. Kehebohan ini seringkali membuat stress dan emosi ‘memuncak’. Untuk terhindar dari hal-hal seperti itu, ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar pagi berjalan dengan lancer, seperti :

Rutin Menulis Jadwal Sehari Sebelumnya

Sebelum tidur malam, selalu luangkan waktu selama 10 – 20 menit untuk menuliskan jadwal kegiatan yang akan dilakukan pada pagi hari di sebuah buku kecil. Misalkan jam berapa harus bangun pagi, lalu harus melakukan apa setelah bangun pagi dan lainnya. Jadikan catatan ini sebagai panduan untuk mempermudah dalam melakukan urutan pekerjaan yang harus dilakukan. Setiap pekerjaan yang sudah selesai berilah tanda.

Siapkan Semua Perlengkapan

Selain menulis catatan kegiatan, luangkan juga sedikit waktu untuk mempersiapkan keperluan esok hari. Misalkan siapkan busana beserta aksesories, mengganti tas di malam sebelumnya. Pindahkan semua barang yang diperlukan dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Begitu juga dengan perlengkapan buah hati, misalkan esok hari ada jadwal berenang maka persiapkan semua kebutuhannya. Cara ini akan mengurangi daftar tugas yang ada di buku catatan sehingga akan mengurangi pekerjaan di esok hari dan minimal tidak ada barang yang kelupaan.

Manfaatkan Kalender

Bentuk kalender bervariasi, ada yang bisa diletakkan di atas meja, di dinding, di laptop atau ponsel. Apapub jenis kalender yang ada, gunakanlah sebagai alat bantu pengingat. Rekam semua janji dan daftar tugas selama seminggu di kalender dan biasakan untuk mengintip sejenak kalender setiap hari sebelum tidur.

Cukup Istirahat

Jangan tergoda dengan acara favorit di televisi, sebaiknya segeralah tidur. Istirahat yang cukup akan membuat perasaan menjadi lebih bersemangat keesokan harinya. Tidur terlalu larut akan beresiko bangun kesiangan keesokan hari dan hal ini dapat menyebabkan jadwal yang telah tersusun menjadi berantakan. Walaupun dipaksa bangun tepat waktu tapi tubuh akan  terasa kurang segar dan membuat ’mood’ menjadi jelek dipagi hari. Mood jelek akan membuat semua kegiatan menjadi kacau.

Minum Air Putih Pagi Hari

Minum air putih rutin di pagi hari selain menyehatkan juga dapat mempengaruhi keseimbangan emosi dibandingkan jika minum kopi atau teh yang mengandung kafein. Kondisi emosi yang stabil tentunya akan membuat pagi hari lebih menyenangkan dan terbebas dari stress.

Releks Sejenak

Luangkan waktu 10 – 15 menit untuk sekedar membaca korang atau menyapa tetangga sembari menyiram tanaman di taman. Melakukan aktivitas yang tidak berhubungan dengan pekerjaan di pagi hari akan membuat terbebas dari stress.

Bangun Lebih Awal

Jika bisa bangun lebih pagi, maka akan memiliki waktu cukup untuk melakukan pekerjaan dengan tidak tergesa-gesa. Manfaatkan bantuan alarm untuk membangunkan. Nikmatilah udara pagi, selain menyegarkan akan membuat ’mood’ menjadi bagus.

Smile

Bangun pagi, langsung cuci muka atau mandi dan berdirilah di depan cermin. Katakan pada diri sendiri bahwa hari ini adalah hari yang harus disyukuri didalam hidup dan tersenyumlah. Percaya tidak percaya senyuman akan membangkitkan semangat sehingga pkiran positif akan mengalir secara alami.

Bersihkan Tempat Tidur

Selalu rapikan ranjang setelah bangun tidur. Ajak pasangan dan anak agar dapat melakukan hal yang sama. Sebuah buku berjudul The Happiness Project (Gretchen Rubin) mengatakan bahwa merapihkan tempat tidur di pagi hari akan dapat mengubah lingkungan secara drastis dan mengalirkan hawa positif. Lebih baik lagi jika mempunyai waktu membersihkan rumah, ini akan menjadi olahraga yang baik bagi tubuh.

Sempatkan Berolah Tubuh

Usahakan di pagi yang padat kegiatan sisihkan sedikit waktu untuk berolah tubuh. Tidak perlu yang berat-berat, berlari-lari kecil di tempat itu sudah cukup. Dengan menggerakan badan akan membuat tubuh menjadi lebih semangat dan segar di pagi hari. Lanjutkan dengan minum air putih 1 – 2 gelas.

Bekerja Ditemani Musik

Melakukan kegiatan di pagi hari sangat cocok ditemani dengan alunan musik yang lembut tapi ceria. Irama musik yang ceria akan dapat memacu semangat di pagi hari. Menyiapkan sarapan dan perlengkapan bekerja sambil ditemani musik membuat hati menjadi ceria.

No Debat

Banyak kejadian bisa terjadi di pagi hari. Seperti klien yang marah atau si kecil yang sedang rewel atau hal lain yang datangnya mendadak. Seringkali hal-hal tersebut diluar kendali tetapi coalah untuk selalu  bersikap tenang. Ketenangan akan membuat bisa berpikir lebih jernih dan terhindar dari stress.

No Gadget

Bangun tidur jangan langsung ambil gadget untuk melihat status di sosial media. Sibuk dengan gadget hanya akan membuat lupa akan jadwal yang harus dikerjakan. Jadi bangun tidur segera lakukan pekerjaan sesuai catatan.

Cek dan Cek

Walaupun rasanya tidak ada yang terlupakan karena sudah dipersiapkan dari semalam, tetap melakukan pengecekan kembali. Jangan sampai barang-barang kecil seperti dompet, HP atau charger tertinggal. Hal-hal kecil seperti ini jika terlupakan dan baru tersadar di tengah jalan tentu akan membuang waktu untuk kembali pulang. Selain bisa terlambat tentunya bisa membuat stress.

Selalu Optimis

Harus selalu berpikir optimis setiap pagi. Yakinkan diri bahwa hari ini akan lebih baik dari hari kemarin. Selalu berpikir hal-hal yang baik-baik dan bersyukur masih dapat menikmati pagi yang sejuk.

Mulai sekarang jangan jadikan kegiatan di pagi hari sebagai beban yang memberatkan dan membuat stress. Semangat !

Kode unik: W#lifestyle21

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            211 Views