kanker2

11 Kanker Paling Sering Menyerang Wanita

Wartawanita.com – Saat mendengar kata kanker pastinya yang terbesit adalah bahwa ini adalah penyakit yang mematikan dan belum dapat disembuhkan. Memang kanker merupakan salah satu jenis penyakit yang mematikan dan menakutkan yang dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, baik itu wanita atau pria. Namun, memang ada beberapa jenis kanker yang mempunyai resiko lebih tinggi terjadi pada wanita.

Apapun itu penyebab datangnya kanker belum dapat diketahui secara pasti, tapi pada umumnya salah satu pemicu datangnya kanker adalah gaya hidup yang tidak baik dan kurang memperhatikan kesehatan sehingga dapat berpotensi timbulnya virus dan penyakit pada tubuh. Berikut ini ada beberapa jenis kanker yang sering menyerang wanita pada umumnya, yaitu :

Kanker Payudara

Kanker payudara merupakan jenis kanker yang banyak menyerang wanita walaupun tidak menutup kemungkinan pria juga dapat terserang kanker ini. Terjadinya kanker ini karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada organ payudara yang tidak terkendali, artinya sel yang seharusnya mati malah tidak mati dan bahkan sel-sel baru terus tumbuh. Penyebab dari kanker payudara ini adalah faktor usia, riwayat keluarga, terkena radiasi pada bagian dada, pengaruh penggunaan hormon, kepadatan pada payudara, obesitas, mengkonsumsi alkohol, merokok, dan lainnya. Gejala kanker payudara yang biasa ditemui berupa keluar cairan dari puting susu, payudara membengkak dan menebal, adanya benjolan di bawah lengan, ruam pada kulit payudara, areola bersisik memerah dan bengkak. Jadi sangat penting untuk para wanita agar rutin melakukan cek payudara agar terhindar dari penyakit ini.

Kanker Serviks

Kanker ini biasanya dikenal dengan kanker leher rahim dan merupakan kanker paling ganas yang menyerang wanita dan menjadi pembunuh wanita nomor satu. Biasanya gejala kanker ini adalah badan menjadi kurus, pucat, mengalami keputihan yang disertai dengan darah dan bau yang terus menerus. Selain itu rasa nyeri dan sesak pada perut bagian bawah, bengkak pada tungkai kaki, mengalami pendarahan saat berhubungan seksual. Faktor penyebabnya kanker ini dapat karena berhubungan seksual diusia dini, gonta-ganti pasangan, sering melahirkan, terinfeksi penyakit HPV, merokok, mengkonsumsi alkohol, dan tidak menjaga kebersihan organ intim wanitanya.

(Baca juga: Makanan Penyehat Payudara)

Kanker Ovarium

Nama lain kanker ini adalah kanker indung telur. Kanker ini juga termasuk jenis kanker yang mematikan dan menjadi penyebab kematian tertinggi wanita. Kanker ini menyerang organ reproduksi wanita (ovarium). Kanker ini sendiri merupakan jenis kanker yang sulit untuk dideteksi dan baru disadari setelah memasuki stadium lanjut. Gejalanya berupa nyeri di perut, perut membesar, hilangnya nafsu makan dan sering merasa kenyang, perut kembung, pendarahan pada vagina, penurunan berat badan, sering muntah-muntah, dan sering merasa kelelahan serta pusing. Pencetus kanker ini bisa karena penggunaan pil KB, sering mengkonsumsi makanan dengan kadar lemak tinggi, merokok, kurang berolahraga, polusi, terpapar virus dan lainnya.

Kanker Paru-paru

Biasanya kanker memang berpotensi terjadi pada pria yang merokok. Kembali pada gaya hidup, jaman sekarang wanita pun banyak yang menjadi perokok dengan berbagai alasannya, padahal merokok menjadi pemicu kanker paru-paru ini. Kanker paru-paru ini terjadi karena adanya pertumbuhan sel yang abnormal pada paru-paru yang disebabkan oleh asap rokok. Gejalanya berupa batuk yang terus menerus, dahak berdarah, sesak nafas, sakit kepala, kelelahan yang kronis, hilang nafsu makan, turunnya berat badan, bengkak pada wajah atau leher. Gejala ini seperti tidak terlihat dan baru akan disadari saat memasuki stadium lanjut.

Kanker Usus Besar

Jenis kanker yang sering menyerang wanita selanjutnya adalah kanker usus besar. Kanker usus besar atau kanker kolon biasanya terdeteksi pada usia 40 tahun keatas. Sebagai saluran terakhir pencernaan makanan, usus sangat berpotensi terkena kanker melalui makanan yang dikonsumsi. Kurangnya asupan buah dan sayur dapat berpotensi terserang kanker ini di usia 40 tahun. Gejalanya bisa pendarahan pada rektum, adanya darah pada tinja, lemah, pucat, dan kurus.

Kanker Endometrium

Ini merupakan kanker yang menyerang rahim dan menjadi pembunuh wanita nomor satu. Gejala kanker ini sangat sulit dideteksi sehingga baru diketahui saat sudah pada stadium lanjut. Sebuah penelitian menyatakan bahwa ketidakseimbangan hormon menjadi penyebab kanker ini. Gejala umum yang dirasakan berupa sakit pada panggul, pendarahan pada wanita menopause, sakit saat berhubungan seksual, sakit saat buang air kecil, sering merasa kelelahan. Wanita dengan riwayat penyakit diabetes melitus, hipertensi dan obesitas lebih rentan terserang kanker rahim. Wanita yang belum pernah hamil dan pernah dikuret juga dapat terserang kanker ini.

Kanker Kulit

Kanker kulit juga sangat berbahaya pada wanita. Kanker kulit bisa terjadi karena adanya virus-virus penyebab kanker, materi genetis, kandungan kimia yang berbahaya dalam kulit juga sinar matahari merupakan faktor penyebab dari luar tubuh. Wanita lebih rentan dengan kanker kulit karena make-up atau produk skin care yang mengandung bahan kimia berbahaya. Kanker ini bisa dihindari dengan menjaga kesehatan tubuh.

Kanker Vagina

Kanker vagina biasanya akan menyerang wanita yang memasuki masa menopause. Tapi tidak menutup kemungkinan wanita yang ada pada fase reproduksi juga dapat terserang kanker jenis ini. Penyebabnya karena tidak menjaga kebersihan alat reproduksi, kebiasaan merokok, mengidap kanker leher rahim, bergonta-ganti pasangan. Gejalanya adanya benjolan pada vagina, sekresi cairan encer dari vagina, rektum terasa nyeri saat berkemih, pendarahan pada vagina. Biasanya mengatasi kanker ini dengan menjalani kemoterapi, radioterapi, eksenterasi atau pengangkatan leher rahim, vagina, rahim dan kandung kemih.

Kista

Kista adalah tumor jinak yang ada pada organ reproduksi wanita dan paling banyak ditemui. Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus selaput jaringan. Kista ini dapat diangkat dengan pembedahan dan tidak membahayakan bagi penderitanya.

Miom

Miom merupakan bungkus otot rahim yang berubah menjadi tumor jinak atau juga daging yang tumbuh dalam rahim. Jika Miom menyerang wanita hamil, maka tidak boleh diangkat karena akan beresiko keguguran. Miom uteri ini dapat mengganggu kehamilan dan dapat diangkat tanpa pembedahan. Gejalanya berupa pendarahan selama atau diluar masa menstruasi dalam waktu yang lama, sulit hamil, terasa kenyal di bagian perut bawah, adanya benjolan di perut, nyeri hebat selama menstruasi.

Kanker Vulva

Kanker vulva merupakan tumor ganas yang ada pada organ vulva. Vulva adalah merupakan bagian luar dari sistem reproduksi wanita yang meliputi labia, lubang vagina, lubang uretra, dan klirotis. Hampir 3 – 4 persen kanker pada sitem reproduksi wanita yang merupakan kanker vulva dan biasa terjadi setelah menopause. Gejalanya berupa benjolan dan penebalan kulit di bagian vulva dan terkadang disertai dengan gatal-gatal, luka terbuka pada lubang vagina. Kanker ini dapat dicegah vaksinasi HPV, tidak melakukan seks bebas, tidak melakukan seks di usia muda, dan tidak merokok.

Jadi para wanita sebaiknya selalu rutin untuk memeriksakan kesehatannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingini.

Kode unik: KLIK di sini

Tags:
1 shares
                            236 Views