mandi1

10 Pantangan Saat Mandi

Wartawanita.com – Mandi memang selain menyegarkan sekaligus membersihkan tubuh. Tubuh menjadi harum dan bebas kotoran. Tapi masih banyak ya yang belum mengetahui bahwa mandi juga dapat membawa efek negatif pada tubuh jika tidak dilakukan dengan benar. Ini dia 10 pantangan saat melakukan kegiatan mandi ini, yiatu :

Lakukan Pilihan Air Hangat atau Dingin Ya ?

Pilihan mandi menggunakan air hangat atau dingin ternyata sangat penting bagi kesehatan kulit. Cuaca yang relatif panas mandi menggunakan air dengan suhu ruangan sebaiknya menjadi pilihan utama. Sedangkan saat cuaca agak dingin, daripada menggunakan air panas gunakanlah air suam-suam kuku.  Mandi dengan menggunakan air yang relatif panas justru dapat menyebabkan kulit kering, kulit kepala mengelupas dan juga membuat rambut mengeriting.

Gonta-ganti Shampo

Salah satu alasan mengapa harus sering mengganti shampo adalah karena mencari harum yang berbeda. Ternyata terlalu sering mengganti shampo dan kondisioner justru akan membuat rambut menjadi menderita alias rusak.

Penggunaan Sabun Gel

Penggunaan sabun gel saat mandi yang terlalu sering sebaiknya mulai sekarang harus dibatasi. Sabun gel ini tanpa disadari akan mengikis minyak yang ada di dalam tubuh. Alhasil kulit akan kering dan gatal.

Menyeka Tubuh Terlalu Hot

Selesai mandi pasti tubuh akan dikeringkan dengan handuk. Hati-hatilah saat mengeringkan badan. Jika menyeka tubuh terlalu kasar hal ini dapat menyebabkan kerusakan rambut pada tubuh dan menyebabkan kulit iritasi. Selain itu sebaiknya hindarilah untuk membungkus rambut dengan menggunakan handuk karena hal ini justru dapat membuatnya rapuh, sehingga akan mudah rontok.

Terlalu Lama Mandi

Kebersihan tubuh tidak tergantung dari lama atau sebentarnya di dalam kamar mandi ya. Mandi yang terlalu lama justru akan menyebabkan kulit menjadi kering. Menurut ahli kesehatan sebaiknya lamanya waktu mandi tidak lebih dari lima menit.

Teknik Menyabuni yang Benar

Ternyata dalam menyabuni badan ada tekniknya juga. Sebaiknya sabuni bagian-bagian yang penting pada tubuh seperti bagian wajah, ketiak, pantat, paha, dan telapak kaki. Kenapa ya ? Karena di  bagian-bagian inilah tempatnya minyak dan atau penyebab bau badan. Sabun memang dapat mengenyahkan kotoran dan minyak di area-area tubuh itu sedangkan area seperti lengan atau betis, cukup diguyur air saja. Area tubuh ini tidaklah terlalu banyak memproduksi minyak.

Terlalu Lama Mengganti Puff Shower

Saat menggunakan sabun cair tentunya juga menggunakan puff shower. Hendaknya puff shower ini harus rajin diganti. Sebaiknya ganti puff shower setelah penggunaan empat minggu. Setelah empat minggu sebaiknya puff shower dibuang karena sudah menjadi tempat tumbuhnya bakteri dan jamur. Walaupun tidak berbahaya tetapi dapat berefek pada gatal-gatal di kulit.

Keramas Setiap Hari

Bagi yang mempunyai rambut berjenis tipis, lembut, dan halus, sebaiknya hindari untuk berkeramas setiap hari. Idelanya lakukan keramas setidaknya dua kali dalam satu minggu agar produksi minyak alami tetap seimbang dan rambut akan tetap lembab secara seimbang.

Menggunakan Scrub Setiap Hari

Penggunaan scrub setiap hari bukannya akan menyehatkan kulit karena mengangkat sel kulit mati. Tapi menggunakan scrub setiap mandi juga merupakan tindakan yang salah karena akan membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya gunakan scrub per 2 kali dalam seminggu saja.

Bercukur sebelum mandi

Mungkin saat ini bukan hanya laki-laki yang melakukan kegiatan mencukur di dalam kamar mandi. Ternyata wanita juga kerap melakukan cukur rambut kakinya ketika saat mandi. Sebaiknya mulai saat ini tinggalkan kebiasaan ini karena sebetulnya waktu yang tepat untuk bercukur adalah justru setelah mandi. Mengapa ? Karena air mampu melembutkan rambut serta dapat membuka folikel kulit sehingga hal ini akan mempermudah dalam bercukur serta menghindari terjadinya iritasi.

Jadi yuk tingkatkan kualitas mandi kita ya.

Kode unik: KLIK di sini

Tags:
0 shares
                            318 Views