10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia - Wartawanita.com

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

10 Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia - Wartawanita.com

Wartawanita.com – Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi kehidupan seseorang. Pendidikan juga berperan besar bagi kemajuan dan perkembangan sebuah bangsa. Sebuah bangsa yang maju dan besar tentunya ditunjang dengan kualitas pendidikan yang memadai bagi warganya. Di dunia ternyata ada beberapa negara yang sangat menonjol dengan sistem pendidikannya. Menonjol disini dalam arti mempunyai sistem pendidikan yang terbaik di dunia, yaitu:

1. Korea Selatan

Berdasarkan hasil penelitian yang pernah dilakukan, Korea Selatan berada pada urutan pertama mengalahkan negara Jepang. Negara ini dapat mengalahkan Jepang yang  meskipun investasi dalam pendidikan anak usia dini cukup tinggi tetapi masih belum mampu mengimbangi model pendidikan Korea Selatan yang bahkan memberlakukan lama belajar selama tujuh hari kerja. Selain itu anggaran pendidikan nasional pada tahun 2014 lalu diperkirakan mencapai hingga 11 Miliar US Dollar atau setara 150 Triliun Rupiah. Tingkat melek huruf total adalah 97,9% dengan komposisi, laki-laki 99,2% dan 96,6% perempuan.

2. Jepang

Struktur pendidikan berbasis teknologi telah menjadikan Jepang sebagai salah satu negara dengan beberapa kemampusn riset yang tak pernah surut. Selain itu Jepang juga terkenal sangat menghargai tradisi sehingga tak heran melahirkan tokoh besar dalam pengetahuan dan wawasan yang dapat menjadi Guru Bangsa. PDB – Pendapatan Domestik Bruto Negara Jepang yang hampir 5,96 Triliun USD tentu membuktikan Jepang dapat bertahan di posisi ini.

3. Singapore

Negara tetangga Indonesia ini menjadi salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik dikarenakan fokus dalam mengembangkan pendidikan dasarnya yang kuat dan maju.

4. Hongkong

Manajemen pendidikan di Negara Hongkong mengadopsi model pendidikan UK sehingga menjadikan Hongkong  sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan yang terbaik. Jumlah anggaran pendidikannya memang cukup tinggi perkapitanya ditambah lagi dengan kurikulumnya mulai dari pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang sangat berbasis pada fakta dan dunia kerja sehingga akan semakin mendukung berkembangnya pendidikan. Alasan lain tentu terkait dengan tingginya angka orang yang melek huruf yang mencapai 94,6%.

5. Finlandia

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang berpendapat bahwa sistem pendidikan di Finlandia adalah yang terbaik di dunia. Tetapi urutan ini harus bergeser menjadi urutan 6 karena pengaruh dari perubahan beberapa kebijakan pemerintah, misal penghapusan program kuliah gratis yang turut berperan dalam kemunduran yang terjadi.

6. Inggris

Sistem otonomi pendidikan yang menjadikan perbedaan sistem penyelenggaraan pendidikan seperti misalnya di Skotlandia, Welsh, Irlandia dan Inggris Utara dianggap berperan dalam kemunduran sistem pendidikan di seluruh wilayah Kerajaan.

7. Kanada

Negara ini mempunyai kalender pendidikan yang bervariasi antara 180 – 190 hari. Sistem kalender ini memberikan hasil yang mengesankan dengan kualitas lulusan terutama perguruan tinggi yang sangat produktif dan kompetitif, selain itu fokus pemerintah dalam pendidikan Anak Usia dini juga turut membantu kemajuan pendidikan di negara ini.

8. Belanda

Rendahnya investasi di bidang pendidikan, perencanaan dan manajemen pendidikan, terutamanya di sektor pendidikan sekolah tinggi, telah menempatkan Belanda pada urutan ini.

9. Irlandia

Meskipun tidak mencapai 99% untuk tingkat melek hurufnya, ketiadaan biaya pendidikan mulai dari tingkat awal, menengah hingga perguruan tinggi, ternyata belum mampu menjadikan salah satu negara di wilayah Kerajaan Inggris ini mencapai rangking yang lebih baik.

10. Polandia

Kementerian Pendidikan Polandia telah merancang satu model pendidikan menjadi bisnis pendidikan di negara ini. Hal ini menyebabkan tingginya tingkat investasi di Bidang Pendidikan yang meletakkan negara ini terbaik ke 4 di Eropa dan ke 10 di Dunia.

Lalu kira-kira Indonesia bisa menempati rangking berapa ya ?

LADIES MUST READ

Tags:
1 shares
                            267 Views