Bye Bau Mulut, Wanita Sebaiknya Kunyah 5 Makanan Ini, Terutama Nomor 3 - Wartawanita.com

10 Hal Agar Terhindar Bau Mulut Saat Puasa

Wartawanita.com – Salah satu masalah kesehatan yang sering dihadapi saat berpuasa adalah bau mulut. Bau mulut dapat menjadi sesuatu yang menganggu dan membuat rasa percaya diri jadi terganggu karena akan merasa sungkan saat berbicara dengan banyak orang. Bagi yang mempunyai aktifitas tinggi saat berpuasa, napas segar sudah merupakan suatu keharusan. Jadi walau sedang berpuasa yuk lakukan 10 hal ini agar terhindar dari masalah bau mulut, yaitu :

Sikat Gigi 2x Sehari, Setelah Sahur dan Sebelum Tidur

Menyikat gigi menggunakan pasta gigi ber-fluoride setelah makan sahur dan sebelum tidur di malam hari wajib dilakukan agar sisa-sisa makanan yang ada di mulut dapat dibersihkan sehingga tidak sempat diubah oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam yang dapat mengakibatkan karies / lubang gigi.

Bersihkan Lidah

Penting juga melakukan penyikatan permukaan lidah saat menyikat gigi agar kuman-kuman penyebab bau mulut dari sisa makanan yang tidak terlihat juga dapat dibersihkan.

Berkumur Saat Wudhu

Saat melakukan wudhu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Hal ini berguna untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri di dalam mulut khususnya di sela-sela gigi. Berkumur saat wudhu juga dapat membantu mengurangi gejala mulut kering saat kita berpuasa tapi jangan sampai lupa hingga tertelan ya. Jadi, sebenarnya tidak ada alasan bagi yang berpuasa untuk mengalami kekeringan di rongga mulut.

Perbanyak Minum Air Mineral Saat Sahur dan Berbuka

Air mineral adalah komponen utama pada tubuh. Tapi yang lebih penting lagi air mineral juga komponen utama dari air liur yang berfungsi untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi dan juga mengandung mineral-mineral yang diperlukan gigi. Banyak minum juga dapat mencegah dehidrasi, dan menghindari bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering.

Perbanyak Makan Makanan yang Berserat Tinggi Saat Sahur dan Berbuka

Kandungan vitamin, mineral dan serat yang terdapat dalam buah dan sayuran dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut terlebih saat puasa. Rasulullah SAW saja membiasakan selalu berbuka dengan buah kurma.

Stop Kebiasaan Buruk

Kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan jaringan periodontal. Selain itu merokok juga bisa membuat rongga mulut menjadi kering, yang mana bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Jangan Menggunakan Obat Kumur yang Mengandung Alkohol

Obat kumur yang mengandung alkohol dapat menyebabkan rongga mulut menjadi lebih kering dan meningkatkan resiko bau mulut.

Konsultasi ke Dokter Gigi Secara Rutin

Melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin dan berkala minimal 6 bulan sekali ke dokter gigi dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Sebaiknya menjelang puasa seperti sekarang merupakan salah satu waktu yang tepat untuk mengunjungi dokter gigi langganan.

Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Perbanyak komsumsi buah dan sayur yang menyegarkan mulut. Banyak makan buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon atau bengkoang.

Hindari Makanan yang Menyengat

Sebaiknya selama menjalani ibadah puasa ini sementara hindari makanan atau sayuran yang menyengat seperti petai, jengkol, durian, bawang putih saat berbuka dan sahur. Makanan menyengat ini dapat memicu bau mulut yang tidak menyenangkan.

Jadi selamat menjalankan ibadah puasa tanpa takut kehadiran bau mulut.

Kode unik: KLIK di sini

Info mengenai kode unik KLIK aja di sini

LADIES MUST READ

Tags:
0 shares
                            200 Views